Alhamdulillah.. Selesai sudah pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK) Kelas XII – Teknik Komputer dan Jaringan secara luring di Sekolah SMK Al-Fathimiyah Telukjambe Timur Karawang, yang sebelumnya dilewati dengan beberapa tahap diantaranya; Pengayaan kurang lebih 5 hari dari tanggal 15 – 20 Maret 2021, kemudian dilanjutkan dengan Simulasi 2 hari pada tanggal 24 – 25 Maret 2021 untuk melihat sejauh mana hasil pencapaian sebelum melaksanakan UKK yang sebenarnya.

Pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 27 – 28 Maret 2021 dan Alhmadulillah tidak ada kendala baik dari segi sarana prasarana dan juga kendala dari siswa. Ujian Kompetensi Kejuruan ini dilaksanakan dengan menggunakan Sesi secara luring atau tatap muka. Sesi 1 dari jam 08.00 s/d 12.00WIB dan Sesi 2 dari jam 13.00 s/d 17.00WIB

Meskipun masih dalam kondisi pandemic Covid 19, teknis pelaksanaan UKK menyesuaikan dengan kondisi di daerah Kabupaten Karawang khususnya kelurahan Pinayungan Kec. Telukjambe Timur. Bagi sekolah yang melaksanakan UKK secara luring, wajib untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Alhamdulillah SMK Al-Fathimiyah Telukjambe Timur Karawang taat melaksanakan Protokol Kesehatan sesuai peraturan pemerintah. mulai dari alat pengukur suhu, masker, hand saniteser dan lainnya.

UKK ini dilaksanakan pada terhadap kelas XII sebagai bahan evaluasi terhadap kemampuan kompetensi keahlian dari masing-masing siswa, serta sebagai bekal akan kemampuan siswa-siswi nanti menghadapi kesiapan di dunia kerja. Antusiasme siswa-siswi SMK Al-Fathimiyah Telukjambe Timur Karawang ini menjadi sebuah nilai bahwa pada masa pandemi COVID-19 ini tidak menjadikan dilema tersendiri terhadap kewajiban siswa – siswi SMK Al-Fathimiyah Karawang atas menilai kemampuan kompetensinya pada bidang masing-masing keahlian, kewajiban sebagai seorang pelajar ditaati dengan penuh tanggung jawab karena hal ini juga bagian dari sebuah semangat dalam menggapai sebuah prestasi.

*)Jumlah Peserta : 33 Siswa
- Laki-laki : 14 Siswa
- Perempuan : 19 Siswa
*)Penguji Internal :
- Arif Prayitno, S.Kom.
- Mohammad Mukhlis, S.Kom.
*)Penguji Eksternal :
- Anggi Elanda, M.Kom
(Direktur sekaligus IT PT. Pratama Integrasi Teknologi - Jakarta )


Paket Soal yang dipilih adalah Paket-2 (lihat lengkapnya)

Dengan Judul Tugas :

Rancang Bangun Jaringan Berbasis Kabel dan Nirkabel dengan VLAN dan Routing

Langkah Kerja :

Dalam kegiatan uji kompetensi ini anda bertindak sebagai Teknisi Jaringan. Tugas anda sebagai teknisi adalah merancang bangun dan mengkonfigurasi sebuah jaringan. Wifi Router berfungsi sebagai Gateway Internet, Hotspot, DHCP server, dan Bandwidth Limiter, kemudian internet tersebut dishare ke client melalui jalur kabel (non hotspot) dan wireless (hotspot).

Dengan konfigurasi sebagai berikut:

1. Identifikasi dan buatlah daftar kebutuhan jaringan

2. Buatlah spesifikasi perangkat yang dibutuhkan

3. Buatlah spesifikasi topologi jaringan

4. Konfigurasi Wifi Routerboard, dan

5. Konfigurasi VLAN pada Routerboard

Semoga apa yang telah dilaksanakan siswa-siswi, mendapatkan nilai-nilai terbaik sesuai apa yang diharapkan. Serta apa yang mereka dicita-citakan dapat tercapai dengan kerja keras yang mereka lakukan.

Berikut daftar nilai hasil Uji Kompetensi Keahlian (UKK) :

 


Perhatian ! 

Untuk nilai yang masih berpredikat Belum Kompeten diharapkan mengikuti Remedial yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 03 April 2021. Demikian informasi nilai UKK saya sampaikan.
Terimakasih. Wassalamu'alaikum warrahmatullahi wa barrakatuh.

Dokumentasi :

Live Streaming UKK
Sesi 1 : Klik disini
Sesi 2 : Klik disini





Post a Comment

Previous Post Next Post